HASILKAN UANG LEWAT BLOG MAU??

MASA RELAKSASI ( BAB III )

  Masa relaksasi juga disebut masa santai, yaitu dari jam 12.01 sampai 18.00...apa yag bisa kita lakukan agar kita bisa memaknai hidup pada masa santai ini? jam 12.00 merupakan saat-saat kita mengalami kejenuhan bekerja. ada semacam trend yang menarik kenapa pada masa - masa itu kecenderunan orang berhenti melakukan pekerjaan?? karena pada jam-jam tersebut kebanyakan orang menggunakan waktu tersebut untuk makan siang,beribadah, dan juga sering digunakan untuk bercengkrama dengan teman- teman kerja..
misalkan kita seorang pemimpin atau pun bawahan tidak ada masalah memanfaatkan waktu seperti ini. susunlah waktu 6 jam kedepan ini dengan suatu rencana yang betul-betul bermanfaat.

di sini saya akan mencoba membuat skala prioritas dalam masa relaksasi semoga bisa bermanfaat bagi pembaca

                   
Waktu
Jenis kegiatan
prioritas
12.01 – 13.00
Istirahat, sembahyang,makan
A
13.01 – 14.00
Megerjakan pekerjaaan yang blm selesai
B
14.01 – 15.00
Menyiapkan pekerjan esok hari
Persiapan pulang
C
15.01 – 17.00
Pulang kantor,istirahat, sembahyang
D
17.00 – 24.00
Makan malam,bercengkrama dengan keluarga, ibadah. Introspeksi diri, tidur
E





tabel diatas adalah contoh rencana kerja yang di klasifikasikan sesuai prioritas... mungkin masih  bisa di modifikasi lagi berdasarkan jenis pekerjaan dan skala prioritasnya. hal ini tergantung pada kepenti ngan masing- masing individu
    Nah, dari jadwal yang sudah kita buat berdasarkan tabel diatas, maka kita bisa memperkirakan pada masa relaksasi ini banyak kita berhubungan dengan  dengan diri kita sendiri dan keluarga, bukan dengan orang lain namun tidak sedikit pula orang yang masih ingin berhubunan dengan orang lain. bila kita masih ingin tetap berhubungan dengan orang lain maka tentunya, kebiasaan, perilaku, dan pengalaman pada masa efektif dapat digunakan untuk keperluan berhubungan dengan orang lain.

  satu jam pertama yakni pukul 12.01 sampai dengan pukul 13.00 dalam masa relaksasi kita harus banyak memberikan manfaat mala untuk itu mari kita susun skala prioritas kita untuk 1 jam kedepan sampai pukul 13.00

1. Menghentikan barang sejenak seluruh kegiatan kita dan mencari kegiatan lain, misalnya membaca bacaan ringan ( humor , berita koran ringan, dan berita yang menaik lainnya ) bercanda dengan teman dan lain sebagainya.

2. Lakukan ibadah setertib mungkin, usahakan apa yang anda lakukan tersebut menghasilkan, meskipun beribadah tidak berwujud hasilnya, tetapi dengan merasakan nikmatnya beribadah secara tidak langsung ibadah tersebut sudah menghasilkan, paling tidak dapat menentramkan hati, mendamaikan suasana keruh, dan sumber motivasi untuk bekerja lebih baik..

3. Makan Siang, tidak dapat dihindari oleh semua orang atau orang yang bekerja, makan siang merupakan kegiatan rutin harian. hanya sebagian kecil saja ada orang yang tidak melakukannya.. jadi makan siang itu amat sangat di perlukan oleh tubuh kita selain untuk pemenuhan gizi juga sebagai pemulih stamina.

setelah menyelesaikan 1 jam pertama dalam masa relaksasi ini  maka kita kembali ke posisi semula  usahakan setiap kegiatan yang telah terjadwal sesuai dengan alokasi waktu yag di tetapkan..
kalau kita sudah bisa melakukan hal-hal tersebut diatas berarti kita juga secara tidak langsung juga melakukan kedisiplinan... kan disiplin  juga termasuk  katagori bermakna dalam hidup.

   Tanpa terasa mungkin anda sudah melewati program kerja dengan baik, saat ini waktu sudah menunjukkan pukul 15.00 bel tanda usai bekerja sudah berbunyi saatnya kita persiapan untuk pulang kerumah....

tanpa terasa di perjalanan mungkin saat ini anda sudah sampai dirumah, coba lirik jarum jam sebentar mungkin waktu menunjukkan pukul 16.00 atau 17.00. bagaimanapun letihnya anda, bagaimanapun penatnya fikiran anda usakan anda meluangkan waktu 30 menit untuk mandi, mungkin anda mau berendam.. agar otak dan fikiran kita mejadi fresh kembali... anda berada di rumah saat ini  maka anda hampir menghabiskan waktu dalam putaran bola hidup pada kuadran ke -2  menuju ke kuadran ke- 3 yaitu masa transmisi
  sekarang anda mungkin sudah menghabiskan waktu 30 menit untuk mandi, maka sekarang saatnya untuk bercengkrama bersama keluarga, makan malam serta beribadah kembali.
masihkah ada waktu yang tersisa setelah anda menghabiskan waktu bersama keluarga?? kalu masih ada lebih baik anda gunakan waktu anda untuk melakukan hal - hal yang positif. misalnya menonton acara televisi...kalu sudah tidak ada persiapkan diri anda untuk memasuki masa transmisi.pada kuadran ke IV atau kuadran terakhir...

NB : kuadran ke IV akan di bahas pada postingan berikutnya

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management